MANDIRI - DEMOKRATIS - BERWAWASAN

Kegiatan Peningkatan Kualitas Suber Daya Anggota dan Bakti Sosial


Oleh : Ny. Ellan Barlian :
Sejalan dengan tujuan organisasi dharma wanita persatuan yakni mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota guna mendukung tercapainya tujuan nasional.

Dharma Wanita Persatuan Perhutani selain telah melaksanakan kegiatan rutin sesuai yang telah direncanakan dalam program kerja tahun 2008 di bidang kesekretariatan (mengadakan pertemuan, rapat pengurus, pengelolaan administrasi, logistic, pelaporan, evaluasi dan lain-lain), pengelolaan keuangan dan pemberdayaan ekonomi anggota, namun ada kegiatan yang menonjol yang akan diuraikan berikut ini.

Kegiatan dharma wanita persatuan sebagai organisasi diarahkan pada upaya peningktan kualitas sumber daya anggota dengan upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yamg telah dilaksanakan oleh bidang pendidikan antara lain:

Dalam setiap pertemuan diisi dengan kegiatan peningkatan pengetahuan yang disampaikan oleh anggota sendiri diantaranya adalah :

Tata cara merawat batik, pemakaian sarung batik (jarit) bagi pria dan wanita, cara mewiru kain batik untuk pria dan wanita. Bahwa batik telah disepakati sebagai salah satu warisan budaya perlu dilestarikan, namun hal-hal yang berkaitan dengan tata cara pemakaian, perawatan, motif dan perlambang dalam setiap pemakaian belumlah membudaya di kalangan pengguna batik. Untuk itu dipandang perlu memberikan penjelasan mendetail mengenai hal tersebut. (baca artikel batik dan kebaya)

Ruang lingkup protokoler dan syarat-syarat menjadi master of ceremony (MC) dimaksudkan untuk memberikan bekal bagi anggota bahwasanya menjadi seorang pembawa acara bisa dilakukan oleh semua orng namun harus memperhatikan teknik-teknik penguasaan vokal yang baik, etika, penguasaan diri diikuti upaya menningkatkan kepercayaan diri dengan melakukan latihan terus menerus

Dalam rangka hari Kartini telah dilakukan lomba berbusana nasional antar anggota yang melibatkan unit-unit kerja lingkup perhutani, lomba mewiru kain batik, menggulung stagen, dan lomba spontanitas lain seperti pemilihan anggota yang berbusana terbaik, dan memasangkan gambar. Namun sebelum acara lomba tel;ah diberikan ceramah mengenai etika berbusana nasional dengan penceramah dari luar perhutani. (Beri ringkasan foto-foto lomba)

Untuk meningkatkan pengetahuan anggota, DWP perhutani bekerja sama dengan kantor dalam acara Ladies Program menyelenggarakan pelatihan antara lain : keramik class, cooking class, table manner, personality development yang disampaikan oleh pengajar profesioan dari kota Malang. Anggota juga mengikuti ceramah motivasi oleh bapak Reza M Syarif (Super Trainer and Chairman PT. Reza Leadership Center).

Sebagai wujud kepedulian sosial, DWP perhutani secara rutin melaksanakan kegiatan donor darah (setiap 3 bulan sekali bekerja sama dengan PMI kodya Surabaya ), memberikan sembako kepada korban bamjir di kabupaten Ngawi, Bojonegoro dan sekitarnya.

Di penghujung tahun dilaksanakan pengobatan gratis bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Tempel Kodya Surabaya, telah dilakukan pengobatan bagi 150 orang ynag tidak mampu di lingkup Kecamatan Jatisari, Surabaya dan sekitarnya.

Demikianlah sekilas kegiatan selama tahun 2008,semoga DWP Perhutani dapat lebih meningkatkan kegiatan yang bisa dirasakan manfaatnya oleh anggota dan organisasi dapat berjalan secara efektif dan efisien sehingga misi organisasi dapat tercapai.

About this entry

Posting Komentar

 
© DWP Perhutani Unit II Jatim