MANDIRI - DEMOKRATIS - BERWAWASAN

Aksi Peduli Donor Darah

Untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Perhutani Unit II Jatim bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Surabaya, menggelar acara donor darah (4/7) di Graha Perhutani, acara tersebut diikuti sedikitnya sekitar 70 orang anggota DWP dan karyawan Perum Perhutani.
Kegiatan donor darah ini akan terus diagendakan secara rutin, kata Ketua DWP Perhutani Jatim, Tri Prasetyo Ningrum, ini adalah yang ketiga kalinya yang dilaksanakan oleh DWP, tambahnya.
Diharapkan kedepan seluruh karyawan Perhutani yang memenuhi persyaratan sebagai pendonor bisa menyumbangkan darahnya, sebagai wujud kepedulian kepada orang yang membutuhkannya, dalam kegiatan bakti sosial itu DWP Perhutani Unit II juga membagikan bingkisan kepada para pendonor sebagai ungkapan terimakasih telah meyumbangkan darahnya.
Para pendonor baru juga mendapatkan kartu donor sesuai dengan golongan darahnya, sehingga mereka bisa mendonorkan darahnya sendiri ke PMI, unit transfusi darah setiap tiga bulan sekali.
Memang mendengar kata donor darah, banyak orang yang bergidik ngeri membayangkan jarum suntik ditusukkan ke kulit. Belum lagi anggapan yang mengatakan donor darah membuat darah dalam tubuh berkurang. Ketakutan dan mitos yang salah semacam itu sering menghalangi seseorang menyumbangkan darahnya.
Kegiatan yang digelar secara rutin ini, Selain bersifat mulia, mendonorkan darah ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kata Doni salah satu petugas pendonor. Diantaranya adalah mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh, menurunkan resiko terkena penyakit jantung, dan membuat badan lebih sehat dan bugar, imbuhnya.
Menurutnya kesadaran donor darah darah di Indonesia memang masih sangat rendah, sehingga terjadi ketimpangan antara kebutuhan dengan ketersediaan darah. Bencana yang bertubi-tubi menimpa Indonesia, wabah penyakit seperti demam berdarah, sementara jumlah pendonor sedikit membuat PMI kewalahan memenuhi permintaan darah.
Melihat kenyataan itulah DWP Perhutani Unit II berinisiatif untuk terus menggugah kepedulian, baik anggotanya juga kepada segenap karyawan Perhutani untuk menyumbangkan darah secara rutin, karena hal ini adalah sebuah panggilan hati kepada orang yang membutuhkannya. Setidaknya kita sudah meluangkan waktu sebagai pendonor untuk menyelamatkan nyawa orang lain, kata Tri Praseyo Ningrum.

About this entry

Posting Komentar

 
© DWP Perhutani Unit II Jatim